Seni & Budaya Kuansing

Kesenian sebagai unsur kebudayaan, tumbuh ibarat pohon yang berbatang, berdahan dan bercabang serta menghasilkan buah. Buah seni disebut karya seni. Sebagai salah satu unsur kebudayaan, kesenian tidak dapat dipisahkan dengan unsur lainnya antar lain: sistem religi (upacara keagamaan), sistem dan organisasi kemasyarakatan, sistem pengetahuan, bahasa, sistem pencaharian hidup dan sistem teknologi dan peralatan.

Karya seni adalah ciptaan manusia dan dihadirkan untuk manusia, lepas dari masalah baik dan buruk, indah atau tidak, bermanfaat atau tidak untuk kehidupan manusia. Sejarah perkembangan manusia telah menunjukan bahwa seni senantiasa hadir dalam kehidupan manusia.

Pangean adalah sebuah kecamatan yang berada dalam lingkup Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau yang banyak menyimpan seni dan budaya yang sejak turun temurun dilestarikan oleh masyarakat. di era globaliasi sekarang ini hendaknya jangan sampai kesenian dan kebudayaan asli daerah terpengaruh dan bahkan mungkin terhimpit oleh kebudayaan asing, banyak anak-anak muda sekarang ini merasa “kampungan”jika mereka menghadiri atau menyukai seni dan kebudaaan daerah, padahal sejak beribu tahun yang lalu nenek moyang mereka berusaha mempertahankan kebudayaan ini. untuk itu melalui situs ini kita akan mengupas seni dan kebudayaan asli daerah sendiri, silahkan klik judul yang kami siapkan dibawah ini :

1. Prosesi Turun Mandi bagi bayi baru lahir

2. Festival Pacu Jalur

3. Labu Rompong Riwayatmu doeloe

4. Indahnya Kebersamaan disaat Permainan Tradisional Masih Ada