Gaji Guru Bantu Daerah Provinsi Riau Naik…

Pekanbaru, Kabar gembira bagi seluruh guru Bantu Daerah Provinsi Riau. Pasalnya, Dinas Pendidikan Riau mengajukan kenaikan gaji para tenaga pendidik tersebut.

Usulan yang masuk dalam APBD Perubahan 2012 itu diberikan kepada 6.600 guru honorer yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Riau. Komitmen itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, HM Wardan kepada Riau Pos, Rabu (18/7) di kantor Gubernur Riau.

‘’Kita terus berupaya memberikan perhatian di bidang pendidikan. Di mana, gaji guru bantu itu akan kita naikkan dan sudah masuk dalam usulan APBD-P,’’ imbuh Wardan. Beliau  menegaskan bahwa gaji tenaga pendidik di Riau masih di bawah Upah Minimum Provinsi (UMP). Kondisi ini dinilai masih sangat memprihatinkan di tengah semangat untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Wardan menjelaskan, sebelumnya gaji guru bantu yang diterima setiap bulannya itu berkisar Rp1,1 juta. Ke depannya, gaji guru bantu itu menjadi Rp1,2 juta lebih, sesuai dengan upah minimum provinsi (UMP) Riau yakni Rp1,238 juta.

‘’Untuk gaji memang harus disesuaikan. Minimal sebesar itu akan kita berikan. Karena tidak boleh juga kita mempekerjakan orang dengan gajinya di bawah UMP itu. Harapan kita seperti itu,’’ ulas mantan Kepala Bapemas Bangdes Provinsi Riau itu.

Saat ditanyakan mengenai alokasi dana yang disiapkan untuk peningkatan upah terhadap guru honorer itu, dia mengaku belum dapat memastikan nominalnya. Pasalnya, usulan tersebut saat ini masih dibahas di tingkat legislatif.

‘’Angka pastinya saya lupa, yang jelas gaji akan disesuaikan dengan UMP. Mudah-mudahan dapat membantu keperluan hidup para tenaga pendidik, khususnya yang berada di daerah marginal,’’ sambung Wardan.

Hanya saja, dia memberikan gambaran bahwa jumlah 6.600 guru honor tersebut sudah mengalami penurunan dari 7.700 guru honor yang telah terdata di Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

Kondisi itu disebabkan, karena adanya sebagian honorer yang lulus seleksi CPNS, pindah kerja dan beberapa faktor lainnya. Bahkan tidak sedikit guru honor yang mengundurkan diri karena berbagai pertimbangan.

Sumber : riaupos.com 19/07/2012

One comment on “Gaji Guru Bantu Daerah Provinsi Riau Naik…

  1. alhamdullilah atas perhatian pemprov.riau and selanjutnya tlng diusahakan tujangan2 lainya biar tambah semangat dalam mengajar and bisa layak untuk taraf hidupnya bagi Guru-Guru bantu. thangks a lot.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s