Kampar dan Dumai Penyelenggara Pemerintahan Terbaik di Riau, Kuansing “Sedang” dan Inhu “Buruk”

JAKARTA, Secara nasional penyelenggaraan pemerintahan di Provinsi Riau masih jauh dari memuaskan. Khusus untuk di Riau, Kampar dan Dumai menjadi yang terbaik.Selanjutnya, kinerja penyelenggaraan pemerintahan kabupaten di Riau dengan kategori status ‘rendah’ di sandang Kabupaten Indragiri Hulu diperingkat 341 dengan skor 0,9555. Bukannya hanya terburuk di Riau, Kabupaten Indragiri Hulu juga masuk 10 besar kabupaten terburuk dalam kinerja penyelenggaraan pemerintahan kabupaten secara nasional.

Kabupaten Kampar dan Kota Dumai dinyatakan memiliki kinerja terbaik dalam kinerja penyelenggaraan pemerimntahan kabupaten/kota se-Riau pada 2012. Namun, secara nasional Kampar berada di peringkat 100 dari 346 kabupaten dan Dumai di peringkat 62 dari 86 kota se-Indonesia.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor : 100-279 Tahun 2012 tentang Penetapan Peringkat dan Status Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Tahun 2010, atas Peringkat dan Status Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten/Kota Secara Nasional.

Secara kinerja, Kampar memiliki peringkat lebih baik dari kabupaten se-Riau, yakni pada peringkat 100 dengan skor 2,7615. Disusul Kabupaten Bengkalis diperingkat 136 dengan skor 2,5903, Kabupaten Siak diperingkat 150 dengan skor 2,5559.

Kemudian Kabupaten Rokan Hulu menduduki peringkat 154 dengan skor 2,5497 dan Kabupaten Indragiri Hilir berada diperingkat 214 dengan skor 2,4020. Lalu, Kabupaten Rokan Hilir peringkat 248 dengan skor 2,2555. Kategori untuk skor Kampar, Bangkalis, Siak, Rokan Hulu, Indragiri Hilir dan Rokan Hilir dengan status ‘tinggi’.

Sedangkan dua kabupaten di Riau memperoleh kategori status ‘sedang’, yakni Kuantan Singingi di peringkat 324 dengan skor 1,7112 dan Pelalawan pada peringkat 329 dengan skor 1,6373.

Selanjutnya, kinerja penyelenggaraan pemerintahan kabupaten di Riau dengan kategori status ‘rendah’ di sandang Kabupaten Indragiri Hulu diperingkat 341 dengan skor 0,9555. Bukannya hanya terburuk di Riau, Kabupaten Indragiri Hulu juga masuk 10 besar kabupaten terburuk dalam kinerja penyelenggaraan pemerintahan kabupaten secara nasional.

Sementera untuk kinerja penyelenggaraan pemerintahan kota, Dumai menempati peringkat 62 dengan skor 2,4743 tinggi dan Kota ekanbaru pada peringkat 76 dengan skor 2,1901. Peniaian kinerja terhadap penyelenggaraan pemerintahan kota di Dumai dan Pekanbaru di kategorikan dengan status ‘tinggi’.

Satu kabupaten di Riau, yakni Kabupaten Kepulauan Meranti tidak masuk penilaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah. Namun, Kabupaten Kepulauan Meranti masuk dalam evaluasi pemekaran daerah otonom baru (EPDOB) tiga dan empat tahun terdiri dari 57 Daerah Otonom Baru (DOB).

Pada evaluasi tersebut, Kabupaten Kepulauan Meranti meraih peringkat 67 dengan nilai akhir 69,0 dengan kategori sedang, yang dimekarkan dari Kabupaten Bengkalis pada 2009 lalu. Peringkat pertama diduduki Kota Kotamogabu dengan nilai akhir 80,0 dengan kategori sedang dan terbawah peringkat 57 diduduki Kabupaten Maybrat dengan nilai akhir 49,7 dengan kategori kurang baik

Untuk peringkat dan status kinerja penyelenggaraan pemerintahan kabupaten 10 besar terbaik adalah Kabupaten Sleman, Wonosobo, Boyolali, Karanganyar, Jombang, Luwu Utara, Kulon Progo, Pacitan, Sukoharjo dan Bogor. Sedangkan 10 kabupaten terburuk dalam penyelenggaraan pemerintahan kabupaten secara nasional adalah Kabupaten Tanggamus, Banyuasin, Konawe, Kepulauan Aru, Manggarai Barat, Kepulauan Mentawai, Penajam Paser Utara, Bombana dan Konawe Selatan.

Untuk peringkat dan status kinerja penyelenggaraan kota 10 besar terbaik adalah Kota Yogyakarta, Kota Magelang, Tangerang, Semarang, Samarinda, Bogor, Sukabumi, Depok, Makassar dan Cimahi. Sedangkan 10 kota terburuk dalam penyelenggaraan pemerintahan kota secara nasional adalah Kota Tidore Kepulauan, Kupang, Tomohon, Ambon, Pematangsiantar, Denpasar, Tebingtinggi, Jambi, Padang dan Kendari.

 

sumber : http://riauterkini.com/sosial.php?arr=46380

Iklan
By admin Posted in Umum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s