Guru Bantu 2004 Diangkat Jadi CPNS

PANGEAN ONLINE– Para guru bantu nasional yang direkrut tahun 2004 atau tenaga honorer kategori I (dibiayai APBN atau APBD) kembali dapat kabar gembira.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan mereka akan diangkat jadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini.

Kepala Bagian Humas BPK Tumpak Hutabarat menjelaskan, pengangkatan ini bakal diumumkan setelah PP tentang Tenaga Honorer disahkan. Selama PP ini belum disahkan, pihaknya belum bisa memastikan mekanisme pengangkatan para tenaga guru bantu nasional tersebut.

Apakah langsung dapat SK CPNS atau masih harus ikut seleksi dan bersaing antar sesama guru bantu.

Yang jelas, setelah diterima jadi CPNS, mereka wajib mengajar di sekolah negeri, baik itu tingkat SD, SMP, atau SMA. Skenario pengangkatan dengan model seleksi antar sesama guru bantu nasional cukup beralasan, mengingat jumlah mereka cukup banyak.

Jumlah guru bantu nasional yang direkrut pada 2004 mencapai 71.309. Itu belum digabung dengan tenaga honorer nonguru. ‘’Lebih jelas bagaimana nanti mekanisme pengangkatannya, tunggu PP-nya,’’ ucap Tumpak.

Sambil menunggu pengesahan PP tentang Tenaga Honorer, Tumpak menuturkan pihaknya sudah memeriksa sekaligus validasi data guru bantu nasional angkatan 2004.

Pengecekan itu di antaranya untuk memastikan jika yang bersangkutan telah memegang SK Mendiknas dan keterangan bahwa selama ini dapat gaji dari APBN atau APBD. BKN akan melansir nama-nama guru bantu nasional yang lulus verifikasi dan validasi setelah PP tentang Tenaga Honorer disahkan.

Sebelum proses pengangkatan guru bantu nasional ini berjalan, perlu ada pemetaan dan distribusi pegawai yang tepat. Terutama di tingkat daerah. Cara ini perlu supaya tak terjadi ketimpangan jumlah pegawai di satu daerah dengan daerah lainnya. ‘’Tenaga pendidik PNS harus tersebar secara merata,’’ tuturnya. (jpnn)

sumber berita : http://www.riaupos.co.id

By admin Posted in News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s