Tradisi Mandi Balimau Tidak Dibenarkan Dalam Islam

Tradisi balimau dalam menyambut bulan suci Ramadhan tidak dibenarkan dan haram dalam agama Islam. Budaya mandi-mandi antara kaum laki-laki dan perempuan di lokasi yang sama akan menghilangkan nilai-nilai ajaran Islam itu sendiri.

Demikian ditegaskan ulama Pasaman Barat, Syawal Syuro menyikapi tradisi balimau yang dilakukan umat Islam ketika menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Menurut Syawal, dalam agama Islam balimau dianjurkan membersihkan diri dengan air dengan niat menjalankan ibadah puasa dan bukan sebaliknya mandi-mandi di sungai atau tempat lainnya dengan berlainan jenis. Pada intinya balimau adalah membersihkan diri dari najis kecil dan besar dengan membersihkan seluruh tubuh yang diringi dengan niat suci karena Allah SWT.

“Tradisi balimau mandi-mandi dengan berlainan jenis tentu sangat kita sayangkan. Sebab agama Islam tidak mengajarkan hal itu. Untuk itu saya anjurkan agar kegiatan balimau dilakukan di rumah masing-masing dengan niat akan menjalankan ibadah puasa,” imbaunya.

Balimau, tambahnya merupakan hal yang sakral dalam agama Islam. Balimau dalam Islam harus benar-benar menurut ajaran yang sudah ditentukan dan bukan balimau dengan mandi bersama-sama dengan berlainan jenis.

Balimau dengan mandi-mandi di sungai atau tempat lainnya bersama-sama antara laki-laki dengan perempuan dalam agama Islam adalah haram karena sudah menyalahi ketentuan balimau yang sudah digariskan dalam Islam.

“Sekali lagi saya imbau umat Islam agar tidak membudayakan tradisi balimau dengan cara-cara yang salah. Untuk itu mari kita sucikan diri dan niatkan hati menyambut bulan yang suci Ramadahan dengan cara yang baik dan halal,” harapnya.

Sementara itu, lokasi-lokasi yang sering dijadikan tempat balimau masyarakat dalam menyambut bulan suci Ramadhan di Pasbar diantaranya yakni Batang Tongar, Sungai Lubuak Landua di Kecamatan Pasaman, Pantai Sasak di Kecamatan Sasak Ranah Pasisie dan beberapa tempat lainnya. bagaimana ditempat anda apakah ada tradisi seperti ini? (eri/rpg)

sumber : Riaupos.com, Access Date:28072011

By admin Posted in Umum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s