Dua Opsi Telkom Soal Merger Flexi-Esia

PANGEAN ONLINE – PT Telkom Indonesia Tbk memberikan dua pilihan (opsi) terkait rencana perseroan bermitra dengan operator code division multiple access (CDMA) bermerek dagang Esia, PT Bakrie Telecom Tbk.

Dua opsi tersebut adalah Telkom menjadi pemegang saham mayoritas atau memperoleh dana dari kerja sama tersebut.

Pengurus Telkom optimistis rencana kerja sama tersebut akan diterima semua pihak setelah dilakukannya komunikasi dan sosialisasi antara manajemen serta pegawai Telkom.

“Dari segi due diligence (uji tuntas) dan studi sudah selesai. Kini tinggal proses pengambilan keputusan,” kata Komisaris Utama Telkom, Tanri Abeng, di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Jakarta, Kamis, 25 November 2010.

Menurut Tanri, proses kerja sama antara Telkom melalui Divisi Flexi dan Esia tersebut merupakan konsolidasi layaknya merger. Untuk mendukung upaya itu, manajemen Telkom secara tidak resmi telah memisahkan pengelolaan Flexi pada manajemen tersendiri.

“Flexi sudah spin off tidak resmi atau menjadi self business unit (SBU), sehingga sudah bisa diukur asetnya. Jadi, kalau pun merger sudah bisa dilakukan,” ujar Tanri. “Merger ini positif dari segi teknologi, finansial, dan manajemen. Tapi belum diputuskan direksi.”

Terkait komposisi kepemilikan saham dalam kerja sama tersebut, menurut dia, nantinya akan terbagi dalam tiga pihak yaitu Telkom, Bakrie Telecom, dan publik. Kepemilikan publik sendiri masuk karena selama ini mereka memiliki saham Telkom yang sebelumnya menjadi induk usaha Flexi.

“Perimbangannya tergantung dari nilai yang diterima dari aset Flexi dan Esia. Secara aset kami memang besar. Jadi, nantinya pilihannya kami mayoritas atau terima duit,” katanya.

Seperti dilansir situs berita VIVAnews soal dua opsi yang ditawarkan Telkom, Direktur Bakrie Telecom Rahmat Junaedi enggan menanggapi. “Kami belum mau berkomentar lebih lanjut soal opsi-opsi tersebut,” ujar Rahmat. (hs)

• sumber berita : VIVA news

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s