Tahun 2030, Manusia Butuh 2 Planet Bumi

Planet Bumi (ohmygov.net)

Planet Bumi (ohmygov.net)

PANGEAN ONLINE, Laporan The Living Planet Report edisi 2010 menyebutkan bahwa populasi spesies tropis di planet Bumi menurun drastis, sementara kebutuhan manusia atas sumber daya alam meroket. Pada laporan tersebut disimpulkan, saat ini kita menggunakan sumber daya alam 50 persen lebih besar dibanding yang bisa dipasok Bumi.
Jika tren ini berlanjut, menurut laporan tersebut, manusia yang jumlahnya kini mencapai 6,8 miliar membutuhkan dua planet Bumi untuk menunjang hidupnya di tahun 2030 mendatang.

Mencari planet serupa Bumi tentu sulit dilakukan, untuk itu, menurut peneliti WWF yang menyusun laporan tersebut, kita perlu melakukan sesuatu untuk mengatasi hal ini.

“Bahkan dengan proyeksi terendah sekalipun untuk pertumbuhan populasi, konsumsi, dan perubahan cuaca, di tahun 2030, perlu ada dua Bumi untuk menyerap CO2 yang dihasilkan manusia dan menyediakan sumber daya alam untuk dikonsumsi,” kata Jim Leape, Director General of WWF, seperti dikutip dari USA Today, 15 Oktober 2010.

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa manusia bahkan butuh empat setengah planet serupa Bumi jika seluruh umat manusia mengonsumsi sumber daya sebanyak konsumsi rata-rata orang Amerika.

“Tantangan yang dituangkan pada Living Planet Report sudah jelas. Bagimanapun, kita perlu mencari cara untuk memenuhi tumbuhnya populasi yang semakin sejahtera ini dengan sumber daya yang ada di planet ini,” ucap Leape.

Laporan the Living Planet Report tersebut dirilis menjelang pertemuan United Nations Convention on Biological Diversity di Nagoya, Jepang pada 18 Oktober mendatang. Pada pertemuan tersebut akan dibahas permasalahan tentang pesatnya jumlah spesies yang punah.(vivanews.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s