Gubri Resmi Buka MTQ Provinsi Riau XXIX 2010 di Kuantan Singingi

 

Pembukaan MTQ Riau XXIX Oleh Gubernur Riau di Teluk Kuantan (foto:riauterkini.com)

 

PANGEAN ONLINE –Teluk Kuantan -Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Riau XXIX tahun 2010 di Stadion Sport Centre Kuantan Singingi, di Kelurahan Sungai Jering, Kecamatan Kuantan Tengah, Minggu (10/10/10) malam tadi berlangsung biasa saja. Ribuan masyarakat mengikuti acara pembukaan syiar Islam tersebut di Stadion Sport Centre Kuansing yang dijadikan arena utama MTQ Riau 2010.

Turut hadir pada pembukaan ini Gubernur Riau HM Rusli Zainal sekaligus membuka MTQ Riau tersebut, Wakil Gubernur Riau, Ketua DPRD Riau H Djohar Firdaus dan anggota, Bupati dan walikota se-Riau, asisten kepala dinas dan badan se-Riau, Kepala Kantor Kementrian Agama Provinsi Riau H Asyari Nur, unsur Muspida Riau dan se-Provinsi Riau, Bupati Kuantan Singingi H Sukarmis, Ketua DPRD Kuansing Muslim dan segenap unsur Muspida Kuansing, Wakil Bupati Kuansing H Mursini, Sekda Kuansing H Zulkifli, asisten, kepala dinas dan badan dilingkungan Pemkab Kuansing, Camat dan Upika se-Kuansing, tokoh agama tokoh adat, dan tokoh masyarakat Riau dan Kuansing.

Acara pembukaan diawali tari sembah cerano dan dilanjutkan dengan defile kafilah MTQ se-Riau yang diawali penampilan marching band Bahana Kuantan Singingi. Kafilah Pekanbaru didaulat tampil dibarisan pertama defile kafilah dan dilanjutkan dengan defile kafilah Dumai Pelalawan, Kampar, Siak, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Meranti, Bengkalis dan ditutup defile tuan rumah Kuansing.
Pelaksanaan MTQ Provinsi Riau XXIX 2010 dibuka oleh Gubri HM Rusli Zainal yang ditandai dengan penekanan tombol sirine bersama oleh Gubri, Ketua DPRD Riau Djohar Firdaus, Wagubri HR Mambang Mit dan Bupati Kuansing H Sukarmis.

Diawal sambutannya Gubri mengatakan, dengan pelaksanaan MTQ ini semoga dapat memberi spirit dan kekuatan sebagai perwujudan visi Riau 2020 dalam rangka tingkatkan keimanan dan ketaqwaan menuju Riau gemilang dan cemerlang dibawah Ridha Allah SWT.

Kegiatan MTQ yang jadi agenda rutin di Riau kata Rusli merupakan salah satu wujud agar kitab suci membumi di negeri melayu yang kental Islami. Gubri sampaikan apresiasi atas pelaksanaan MTQ Riau di Kuansing yang sangat baik dan meriah.”Pelaksanaan MTQ di Kuansing tak kalah sebagaimana yang dilaksanakan ditingkat nasional,” ucap Rusli.

Agar kitab suci betul jadi bacaan sehari dan kunci atau gudang bagi orang beriman disegala pelosok negeri. Kegiatan MTQ dapat dorong intensitas berkelanjutan bukan pembinaan untuk menyongsong MTQ berikutnya. “Bukan pembinaan dadakan untuk tujuan menyongsong MTQ,” beber Gubri.

Yang dilakukan selama ini kata Gubri bukan pembinaan tapi pelatihan yang tergesa-gesa satu atau dua bulan saja untuk mengikuti MTQ. Gubri berharap agar kabupaten kota mengandalkan qori- qoriah made in kabupaten kota dan Riau. “Tidak sibuk mencari qori-qoriah ke luar daerah menjelang MTQ,” katanya. Dia juga memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menghadpai MTQ nasional dan bisa memperbaiki peringkat Riau pada posisi VI pada MTQ nasional beberapa waktu lalu di Bengkulu.

Sementara itu, Bupati Kuansing H Sukarmis dalam sambutannya mengungkapkan, selamat datang kepada Gubri dan unsur Muspida, bupati dan walikota se-Riau serta Kafilah MTQ se-Riau.

Dengan pelaksanaan MTQ XXIX 2010, Bupati Kuansing H Sukarmis mengharapkan bisa meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT karena Alquran merupakan kalamullah yang diturunkan dan mukjizat kepada Nabi Muhammad SAW. “Alquran kandung nilai yang berhubungan nilai keimanan syariah dan akhlak yang mengatur tata cara hidup manusia. Alquran kandung falasafah ilmu pengetahuan. Media syiar agama ditenga harus perubahan sosial dan budaya masyarakat,” papar Sukarmis.

Pada kesempatan itu Sukarmis juga mengungkapkan beberapa program pembangunan Kabupaten Kuansing. Dikatakan, saat ini Pemkab Kuansing berjuang dalam mendorong pembangunan agar Kuansing bisa sejajar dengan kabupaten kota lain di Riau seperti pembangunan sekolah dan pusat olahraga diantaranya adalah SMA Pintar dan Sport Centre Kuansing. “Dan Alhamdulillah sebagian telah kami wujudkan,” ujar Sukarmis.

Ia menambahkan, pembangunan kedua bangunan kebanggaan Kuansing ini bukan hanya dinikmati oleh masyarakat Kuansing tetapi digunakan untuk pelaksanaan MTQ Riau. Ini adalah asset yang berharga bagi Kuansing. Kabupaten Kuansing bukan hanya menumbuhkembangkan perekonomian tapi berusaha menghapus buta aksara Alquran. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan.

Dengan MTQ Bupati Kuansing mengimbau masyarakat Kuansing untuk mensukseskan pelaksanaan MTQ XXIX tingkat Provinsi Riau 2010 dengan ciptakan rasa aman kepada saudara-saudara yang datang ke Kuansing.

(sumber berita:riauterkini.com @11/10/10)

By admin Posted in News

One comment on “Gubri Resmi Buka MTQ Provinsi Riau XXIX 2010 di Kuantan Singingi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s