MTQ XXIX Riau di Kuantan Singingi Malam Ini Resmi Dibuka

PANGEAN ONLINE, Teluk Kuantan- Gubernur Riau HM Rusli Zainal SE MP, dijadwalkan hari Ini, Ahad (10/10) membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX Riau 2010 di Kabupaten Kuantan Singingi. Ini menyusul kepastian batalnya Menteri Agama RI H Surya Darma Ali membuka perhelatan akbar syiar Islam tahunan di Bumi Lancang Kuning ini.

Dalam perhelatan MTQ XXIX ini, cabang-cabang yang akan diperlombakan di antaranya Cabang Tilawah Alquran, Tahfiz Quran, Khattil Quran, Tafsir Quran, Fahmil Quran, Syahril Quran dan M2KQ (Musabaqah Menulis Kandungan Quran) yang merupakan cabang baru yang di perlombakan dalam MTQ Riau 2010 ini.

Seperti yang dilansir Riaupos.com, persiapan yang dilakukan panitia dan Pemkab sudah rampung 100 persen. Baik pembangunan astaka utama maupun masjid dan lokasi yang akan menjadi tempat pelaksanaan MTQ. Perhelatan MTQ menurut Ketua Umum Panitia Pelaksana MTQ Riau Drs H Zulkifli MSi melalui Koordinator Bidang Informasi dan Komunikasi Kabupaten Kuansing, Hernalis SSos, Sabtu (9/10) di Telukkuantan, pembukaan MTQ Riau akan diawali dengan pelantikan dewan hakim pada Sabtu malam di aula rumah dinas jabatan bupati di kawasan simpang empat PLN Sungai Jering oleh Gubernur Riau.

Selanjutnya, Ahad (10/10) pagi pukul 10.00 WIB dilanjutkan dengan pembukaan pameran dan bazar di kawasan Stadion Sport Center Kuansing. Selanjutnya pukul 14.00 WIB, Gubri bersama dengan Bupati Kuansing dan unsur Muspida Riau, bupati/wali kota se-Provinsi Riau akan menghadiri pelepasan pelaksanaan pawai takruf dari 12 kabupaten/kota.

Pawai takruf ini akan dijejerkan mulai dari simpang Tugu Cerano Telukkuantan-Masjid Agung hingga persis di depan gedung Abdul Rauf Telukkuantan. ”Jadi rombongan pawai takruf yang terdepan lokasinya persis di depan gedung Abdul Rauf Telukkuantan,” ujar Hernalis.

Sementara barisan kafilah dari kabupaten/kota lainnya, akan mengambil barisan sesuai dengan susunan barisan yang sudah ditentukan yang akan diperkirakan akan memenuhi ruas jalan lintas ini hingga pada simpang empat Tugu Cerano Telukkuantan. ”Ruas jalan lintas ini untuk sementara akan kita tutup hingga pawai berakhir,” sebutnya lagi.

Dikatakan Hernalis, sekitar pukul 19.30 WIB, seluruh rombongan akan menuju Stadion Sport Center untuk acara pembukaan. Sampai Sabtu siang seluruh kafilah dari 12 kabupaten/kota di Riau sudah berada di Telukkuantan. Namun sebagian peserta penggembira dari kabupaten/kota akan masih berdatangan hingga Ahad siang.

Sejauh ini pihaknya sudah mendapatkan informasi dari Kabupaten Rokan Hilir, kalau sebanyak 29 bus rombongan kafilah akan hadir ke Telukkuantan pada saat hari H. ”Mereka minta pengawalan kita juga,” sebut Hernalis yang juga Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Kabupaten Kuansing ini.

Menyinggung tentang kedatangan Gubri, wakil gubernur, unsur Muspida, bupati, wali kota se-Provinsi Riau, Hernalis menyebutkan kalau sampai kemarin siang belum ada konfirmasinya. Namun kemungkin mereka akan sudah tiba di Telukkuantan Sabtu malam atau menjelang pembukaan. Begitu juga dengan Gubri HM Rusli Zainal.

Sementara itu Wakil Gubernur Riau Drs H Raja Mambang Mit bertolak dari Pekanbaru menuju Kuansing kemarin petang pukul 13.30 WIB.(riaupos.com)

Iklan
By admin Posted in News

2 comments on “MTQ XXIX Riau di Kuantan Singingi Malam Ini Resmi Dibuka

  1. informasi sangat menarik, ada hal hal yang menurut saya kurang pas….atau memang saya kurang tahu dlm hal ini. sebelumnya mohon maaf.
    Ilmu yg saya pelajari… sebuah nama itu tetap dan tidak berubah-ubah, kecuali ada perubahan secara resmi dari yang berkepentingan yang sah. Contoh nama desa Padang Kunik tak bisa dirubah jadi Padang Kunyit, Ombak naylo…tak bisa kita rubah menjadi Ombak Nyala…Toduang Bakotat tak bisa kita rubah menjadi Toduang Berkotek dan Sungai Joriang tibo tibo lah baruba lo namo jadi sungai Jering….entah siapa ahli bahasa melakukan perubahan linguistik seperti ini….ini perlu pembahasan secara serius oleh para ahli di kuansing….
    Kata Sungai Joriang itu saya dengar sejak saya bisa mendengar di alam ini, saya rasa semua penduduk kuansing pendengarannya sama seperti apa yang saya dengar….kecuali para pendatang ke Taluk Kuantan, mereka kebanyakan mengatakan Sungai Joriang itu adalah Sungai Jering.
    Ada cerita legenda…pada tahun 1970 terjadilah transimigrasi di Inhu (waktu itu Kuasing dan INHU masih satu kabupaten) tempat para Transimigrasi itu adalah Taratak sekarang yg sudah maju dibandingkan kita di Baruah sana…. Suatu hari orang Tran tadi pergi ke Taluk untuk membeli kebun karet tempatnya sungai Joriang….. samapi di depan Simpang Tiga yang sekarang ada tugu orang jawa tadi bertanya kepada seorang yang sedikit agak tua dengan bahasa Indonesia yang benar….katanya”….”permisi pak… numpang tanya…” Jawab si Tua tadi..” ya..ya… ada apa…” orang tran bertanya..”dimana ada orang jual kebun karet disini pak?…., Jawab si tua tadi dengan yakinnya berbahasa Indonesia menjawab..”….oh….di sana …di atas… di sungai Jering”. Karena simpang tiga merupakan lintasan siswa berangkat dan kembali dari dan ke sekolah sehingga siswa yang mendengar saat itu tertawa terbahak bahak sampai-sampai bahasa Sungai Jering itu menjadi istilah keren saat itu…
    Setiap ada orang bertanya ke seseorang di jalan atau du kedai kedai selalu diacungkan kata sungai Jering ya….dan diiringi dengan senyum…. biasalah….orang kita …
    Sama juga dengan orang bertanya jaman dulu legendanya kira kira….seperti ini: “… Berapa Kila dari Taluk ke Sentaja Pak..?…. ya tak bisa Kata Sentajo Kita Ganti dengan bahasa Sentaja dengan maksud ingin mengungkapkan kata Sentajo ke Bahasa Indonesai (membahasa Indonesiakan…)
    Hal hal seperti inilah yang merupakan kewajiban dari para ahli di Kuansing dan dikaji kebenaran semua Nama yang ada di Kuansing….agar tidak merubah makna dari sebuah nama dari beberapa Nama kampung/Desa di Kampung kita….
    Terakhir Mohon maaf jika komentar saya tidak berkenan dan hadir di Redaksi PANGEAN ONLINE…. Wassalamu’alikum Warohmatullahi Wabarokaatuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s