Menteri Agama Batal Hadir, MTQ Riau XXIX di Kuantan Singingi dibuka Gubernur Riau Besok.

PANGEAN ONLINE – Teluk Kuantan, Ahad (10/10/2010) besok, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX Riau yang dipusatkan di Kabupaten Kuantan Singingi. Gubernur Riau Dr (HC) HM Rusli Zainal dijadwalkan hadir untuk membuka iven daerah yang akan mempertandingkan tujuh kategori tersebut. Persiapan perhelatan akbar ini juga sudah mencapai 100 persen, mulai dari astaka hingga terkait lokasi pertandingan cabang lainnya. Khusus untuk kedatangan peserta berjumlah 12 kafilah yang sudah hadir diantaranya Pekanbaru, Kampar, Siak, Bengkalis, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kepulauan Meranti dan Kuantan Singingi, kafilah Dumai, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan kafilah lainnya.

‘’Semuanya sudah tuntas dan persiapan juga sudah mencapai 100 persen. Pembukaan juga akan dilaksanakan oleh Gubernur Riau,’’ terang Kepala Seksi Pendidikan Alquran dan MTQ Kantor Wilayah Kementerian Agama Riau H Zul Fadli seperti yang dikutip dari  Riau Pos Jumat (8/10) sore di Pekanbaru.

Menurut Zul, kegiatan awalnya akan dimulai Sabtu (9/10/2010) malam dengan melakuan malam taaruf, sekaligus pelantikan dewan hakim. Dewan hakim yang akan dilantik terdiri atas 92 dewan hakim dimana 10 di antaranya adalah dewan hakim nasional di kediaman Dinas Bupati Kuansing. Setelah itu, pada pagi harinya akan dilaksankan pembukaan bazar di sport center Kuansing serta siang harinya pawai taaruf dari seluruh kafilah yang ambil bagian.

Pembukaan yang akan dihadiri Muspida dan masyrakat Riau pada malam harinya pukul 19.30 WIB. Adapun kategori yang dipertandingkan di antaranya adalah cabang Tilawah Alquran, Tahfiz Quran, Khattil Quran, Tafsir Quran, Fahmil Quran, Syarhil Quran dan M2KQ.

‘’Kita akan fokuskan pada persiapan dan pelaksanaan hari pertama. Selanjutanya usai dibuka Senin paginya, akan dimulai pertanding di setiap cabang di antaranya kategori Tilawah, Tahfiz Quran 1 dan 10 jus, Fahmil Quran, Khattil Quran, M2KQ, Tahfiz Quran 5 juz, 20 juz Tafsir dan Tilawah remaja. Kita harapkan berjalan dengan lancar,’’ terangnya.

Sementara itu, terkait anggaran yang sudah diberikan untuk pelaksanaan MTQ ini, Pemprov Riau mengalokasikan anggaran Rp2 miliar. Anggaran tersebut Selain digunakan untuk persiapan juga untuk pelaksanaan. Meski begitu, Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setdaprov Riau Mulkan Syarif mengungkapkan, bahwa Kabupaten Kuansing sebagai pelaksana juga memberikan anggaran guna menyukseskan pelaksanaan MTQ ini.

‘’Sejauh ini semua sudah berjalan sesuai dengan rencana. Tidak ada masalah dengan persiapan. Tinggal pelaksanaan pada Ahad akan datang. Pak Gubernur yang akan membuka kegiatan ini,’’ terangnya.

Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di Kuantan Singingi yang sebelumnya akan dibuka Menteri Agama RI Suryadharma Ali dipastikan batal, dengan kondisi tersebut, MTQ yang dibuka Ahad (10/10) malam mendatang digantikan oleh Gubernur Riau HM Rusli Zainal SE MP.

‘’Memang semulanya kita mengagendakan pembukaan MTQ oleh Menteri Agama, namun dari informasi terakhir yang kita himpun ternyata Menteri berhalangan hadir, sehingga yang membuka MTQ Ahad mendatang adalah Gubri,’’ ungkap Kepala Biro Kesra Setdaprov Riau Mulkan Syarif.

Saat ditanyakan mengenai persiapan dalam iven tahunan tersebut, dia mengatakan pihaknya telah melakukan kunjungan beberapa waktu lalu. Dimana persiapan terlihat sudah matang dan tidak ada perubahan jadwal.(sumber:riaupos.com)

Iklan
By admin Posted in News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s