Copot Kapolda Riau dan Kapolres Kuantan Singingi

PANGEAN ONLINE, Buntut dari peristiwa berdarah di Desa Koto Cengar Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi, Rabu (09/06/2010) puluhan masyarakat dari 23 unsur mahasiswa, tokoh masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat di Riau mengecam tindakan aparat polisi Polda Riau dan Polres Kuantan Singingi dalam kerusuhan yang menyebabkan meninggalnya satu orang perempuan petani Yusniar (47) di Desa Koto Cengar, hari Selasa (8/6/10) kemarin siang.

Dalam orasinya kelompok masyarakat dan mahasiswa ini meminta Kepala Polri segera mencopot Kepala Polda Riau, Kepala Polres Kuansing dan Kepala Polsek Kuantan Mudik sebagai bentuk pertanggungjawaban tindakan aparat di lapangan .

“Polisi di Riau ternyata belum memiliki paradigma melindungi rakyat, dan lebih memilih berpihak kepada pengusaha yang mau membayar jasa pengamanan. Hasil otopsi menyebutkan bahwa peluru yang menewaskan Yusniar berasal dari peluru tajam. Kapolda dan Kapolres harus dicopot, karena mereka yang menyetujui pergerakan polisi dalam jumlah besar untuk menghadapi warga yang notabene sebagai pemilik lahan,” ujar Johny Setiawan Mundung, Ketua Dewan Daerah Wahana Lingkungan Hidup Riau, yang dihubungi di Pekanbaru, hari Rabu (9/6).

Yosafat Rendra, Ketua Ikatan Pemuda dan Mahasiswa Kuantan Singingi secara terpisah mengatakan, kerusuhan kemarin jelas-jelas merupakan kesalahan polisi yang berpihak kepada pengusaha perkebunan kelapa sawit PT Tri Bakti Sarimas. Padahal, semestinya polisi mengetahui bahwa lahan yang menjadi sengketa adalah milik petani, bukan milik PT TBS.

“Polisi di Riau rupanya tidak mengetahui bahwa yang dinamakan petani plasma, lahannya merupakan milik petani. Kalau petani mengambil sawit dari kebunnya sendiri apakah itu dapat dikatakan sebagai penjarahan?” kata Yosafat.

Data tentang jumlah korban yang tewas dan terluka dalam kerusuhan hari Selasa kemarin simpang siur. Semula sumber Kepala Bidang Humas Polda Riau Ajun Komisaris Besar Zulkifli menyebutkan dua orang meninggal dunia yakni Yusniar dan Disman. Namun, ternyata, Disman yang menjadi korban tembakan masih hidup dan sekarang tengah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Kuansing.

sumber dan berita terkait :
http://www.tribunnews.com/2010/06/09/warga-tuntut-kapolda-riau-dan-kapolres-dicopot

By admin Posted in News

One comment on “Copot Kapolda Riau dan Kapolres Kuantan Singingi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s