Wakil Gubernur Resmikan PLTU Inhu 2×20 MW

PANGEAN ONLINE– Kini masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu sangat berharap akan lancarnya pasokan aliran listrik PLN , pasalnya Wakil Gubernur Riau, Raja Mambang Mit telah meresmikan pembangunan PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) 2×20 MW yang bertempat di Desa Simelinang Tebing, Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu  Kamis (6/5/10), sekitar pukul 14.30 WIB. Diharapkan akhir 2011 mendatang PLTU yang menggunakan bahan bakar batubara tersebut sudah beroperasi dan menjadi solusi kongkrit dari krisis listrik di Inhu.

Peresmian yang ditandai dengan menekan sirine tersebut dihadiri Bupati Inhu Mujtahid Thalib, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Riau Emrizal Pakis, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Riau Abdul Yafiz, para camat se- Inhu dan Direktur PT Bukit Asam (Persero) Sutrisno, sebagai mitra Pemkab Inhu membangun PLTU tersebut.

Dalam pidato sambutannya, Wagubri mengatakan, krisis listri sudah menjadi masalah nasional yang sangat serius. Di Riau sendiri tingkat kersedian listrik atau elektrivikal masih jauh dari rata-rata nasional yang mencapai 62 persen. “Elektrivikal kita baru 42 persen. Artinya lebih dari separo masyarakat kita belum mendapatkan layanan listrik yang memadai,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Mujtahid Thalib menyambut gembira dimulainya pembangunan PLTU tersebut. “Bagi masyarakat Inhu, pembangunan PLTU ini merupakan harapan yang terwujud. Sebab, selama ini listrik di Inhu masih sangat minim,” tuturnya.

Menurut Mujtahid, saat ini baru 22 persen masyarakat Inhu yang sudah mendapat layanan listrik. Bahkan masih ada 6 kecamatan, yakni Peranap, Batang Peranap, Batang Gangsal, Seiberida, Kuala Cenaku dan Rakik Kulim yang belum mendapatkan layanan listrik dari PT PLN (Persero).

Sedangkan Dirut PT Bukit Asam Sutrisno berjanji akan melaksanakan kepercayaan masyarakat Inhu dengan sebaik-baiknya. Ia optimis proyek PLTU akan berjalan sesuai harapan, mengingat potensi batubara di Inhu sangat besar. Diperkirakan ada 17.000 hektar kawasan di Inhu yang menyimpan potensi batubara belum terkelola.

“Kami akan berusaha membangun Inhu bersama masyarakat, tentu dari aspek pertambangan dan ketersediaan energi listrik,” janjinya.

Sumber berita :

http://www.riauterkini.com/sosial.php?arr=29388

By admin Posted in News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s