Jembatan Leighton Sungai Siak Runtuh?

PANGEAN ONLINE, Jembatan Siak Runtuh? mungkin anda kaget dengan judul diatas dan bahkan kabar runtuhnya jembatan Siak sudah anda baca di SMS berantai yang hanya iseng memberitakan bahwa anda diminta untuk segera menonton televisi karena jembatan Siak runtuh dan tertnyata begitu dilanjutkan membaca sms tersebut anda orang yang kesekian tertipu hehehe mengesalkan bukan,  memang SMS ini bohong belaka yang akhirnya mengusik fikiran anda untuk meneruskan juga sms ini kepada rekan anda. akan tetapi benarkan jembatan yang terkenal disebut dengan Jembatan Leighton ini akan runtuh? mengingat usia jembatan tersebut sudah 33 tahun  dan arus lalu lintas diatas jembatan ini sudah mulai padat?

Seperti yang Pangean Online kutip dari laman situs riauterkini.com bahwa saat ini Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau Firdaus merisaukan kian padatnya kendaraan yang melintasi Jembatan Siak I atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jembatan Lighton. Kondisi tersebut dipastikan akan semakin menggerus kekuatan jembatan yang pada 19 April mendatang genap berusia 33 tahun. Bahkan, jika sempat terjadi kemacetan total dan kendaraan memenuhi jembatan, dikhawatirkan bisa memicu keruntuhan jembatan.

“Yang harus dihindari adalah kemacetan total di saat kendaraan penuh berada di atas jembatan. Selain beban berat, getaran kendaraan yang beada di atas jembatan juga sangat berpotensinya merusak komponen penyangga jembatan. Bisa fatal akibatnya,” risau Firdaus saat ditanya wartawan di sela-sela mengikuti sebuah acara di Pekanbaru, Selasa (30/3/10).

Dijelaskan hasil kajian Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pekerjaan Umum pada 1993 silam. Kondisi Jembatan Siak I sudah jauh menurun kekuatannya. Ketika itu ada dua rekomendasi yang diberikan tim. Pertama mengganti jembatan dan kedua membatasi jumlah dan tonase kendaraan yang melintas. :”Kami pilih opsi kedua, karena ketika itu kita belum mampu membangun jembatan pengganti,” tuturnya.

Karena itu, kemudian dilakukan pembatasan tonase kendaraan yang melintasi jembatan dengan cara memasang portal, tetapi belakangan jumlah kendaraan yang melintas terus meningkat. Terutama pada saat-saat tertentu, seperti saat ada pertandingan PSPS Pekanbaru di Stadion Khaharuddin Nasution.

“Saya sarankan, kalau sedang terjadi peningkatan jumlah kendaraan, diberlakukan satu jalur dengan sistem buka tutup di luar jembatan. Kemudian, masyarakat dialihkan. Biarlah agak jauh, yang penting aman,” sarannya. (PO)

sumber dan berita terkait:

http://www.riauterkini.com/sosial.php?arr=28740

By admin Posted in Umum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s