TNBT Sumatera & Australia berhasil Selamatkan Orang Utan Sumatera

Penghargaan diberikan kepada pengelola kebun binatang di Kota Perth, Australia

foto: TNBT, jambiprov.go.id

PANGEAN ONLINE, Maraknya pembukaan hutan di Pulau Sumatera kian berdampak buruk terhadap ekosistem, isu pemanasan global kian mencuat dikoar-koarkan oleh umat dimuka bumi ini. Pembukaan dan konversi hutan sangat berpengaruh terhadap kehidupan satwa hutan terutama satwa yang dilindungi, areal mereka semakin sempit. Dan bukan hal yang aneh lagi berita kawanan gajah  merusak dan bahkan menimbulkan korban jiwa.

Salah satu satwa yang dilindungi di Indonesia adalah Orang Utan Sumatera, seperti yang dikutip dari vivanews.com, Pemerintah Australia memberikan penghargaan kepada pengelola kebun binatang di Kota Perth. Kebun binatang itu dinilai berjasa melindungi salah satu spesies paling terancam di dunia, yaitu orangutan Sumatera.

foto: vivanews.com

“Penghargaan ini sudah sepantasnya. Banyak pekerja profesi Australia dan Indonesia telah bekerja keras untuk keberhasilan proyek ini,” ujar Duta Besar Australia untuk Indonesia, Bill Farmer, Kamis 25 Maret 2010, atas penghargaan In-Situ Conservation Award kepada Kebun Binatang Perth atas Program Perlindungan Kehidupan Liar dan Ekosistem Bukit Tigapuluh di Sumatra Timur (Kabupaten Indragiri Hulu Riau-Provinsi Jambi) yang dikenal dengan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) ini.

Farmer menilai bahwa ekosistem Bukit Tigapuluh merupakan program pengembalian orangutan Sumatera yang pertama di dunia. “Keberhasilan proyek ini menjadi bukti kemitraan lingkungan hidup yang telah didirikan oleh Pemerintah Australia dan Indonesia dan lembaga-lembaga non-pemerintah, maupun dengan Masyarakat Kebun Binatang Frankfurt,” tutur Farmer.

Susan Hunt, Kepala Kebun Binatang Perth, mengungkapkan bahwa proyek mereka ini adalah program berkelanjutan untuk melindungi satu-satunya taman nasional Indonesia yang mempunyai perwakilan lengkap mega-fauna Sumatera termasuk Kera Besar, orangutan Sumatera, yang paling terancam di dunia, dan Harimau Sumatera yang secara kritis terancam musnah.

Kebun Binatang Perth telah berkarya di ekosistem Bukit Tigapuluh sejak 2006 dan telah memberi bantuan lebih dari A$500.000 untuk perlindungan kehidupan liar, infrastruktur termasuk pos perlindungan kehidupan liar dan fasilitas perlindungan kehidupan liar, program pendidikan, penelitian dan pengadaan tenaga kerja dan pelatihan staf lokal.

Taman Nasional Bukit Tigapuluh merupakan rumah untuk program pengembalian orangutan Sumatera yang bertujuan untuk membangun kembali populasi spesies yang terancam ini di kehidupan liar.

Untuk pertama kalinya di dunia, orangutan yang lahir di Kebun Binatang Perth, Temara, dilepas di taman tersebut pada November 2006 sebagai bagian dari program pengembalian tersebut.

Penghargaan In-Situ Conservation Award yang bergengsi diumumkan oleh Asosiasi Kebun Binatang dan Akuarium pada upacara penghargaan 2010 di Victoria, Australia, pekan lalu. (PO/vivanews)

Sumber dan berita terkait :

http://dunia.vivanews.com/news/read/139019-australia_lindungi_orangutan_sumatera

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s