Bensin mobil bisa diganti dengan kopi espresso, mungkin kah??

PANGEAN ONLINE, London – Setiap orang tahu bahwa kopi dapat meningkatkan mood seseorang dan menambah energi bagi yang meminumnya. Namun belum banyak yang tahu jika minuman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif. Mungkinkah? Tentu saja kabar tersebut tidak begitu langsung diterima oleh akal sehat kita, namun dibalik itu semua teryata adalah hal yang mungkin. Sebuah mobil ramah lingkungan akan menempuh jarak 210 mil dengan bahan bakar 10.000 cangkir kopi pekat atau dikenal dengan nama espresso.

Pembawa acara stasiun televisi BBC bertajuk BBC1’s Bang Goes the Theory Jem Stansfield akan menjajal mobil tersebut menempuh perjalanan dari London ke Manchester.

Aslinya, mobil tersebut dibuat dari rongsokan yang perlu diisi bensin setiap habis menempuh jarak 40 mil. Stansfield yang sekaligus sebagai perancang mobil tersebut sengaja membuatnya untuk memperlihatkan bagaimana memanfaatkan sumber energi alternatif.

Seperti dilansir Telegraph, Jumat (12/3/2010), mobil tersebut memiliki sebuah sistem yang berfungsi mengubah sampah dan bahan organik menjadi menjadi bahan bakar  pengganti petrol.

Stansfield bertujuan memancing kaum muda agar dapat berpikir kreatif, bagaimana cara agar kita dapat mengubah sampah menjadi sumber energi baru.

Perjalanan Stansfield akan dimulai dari pusat penyiaran televisi BBC di London barat dengan menggunakan bahan bakar setara dengan 10.000 cangkir espresso. Stansfield akan pergi ke Manchester, mengunjungi acara The Big Bang: UK Young Scientists’ and Engineers’ Fair. Sekitar 5.000 anak-anak berharap bisa menemui Stansfield saat dia tiba di garis finish. (rah)

Sumber dan berita terkait :

http://techno.okezone.com/read/2010/03/12/56/311969/10-000-cangkir-kopi-espresso-buat-mobil-melaju

By admin Posted in Tekno

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s