Akhirnya 8 Ribu Ha Tanah Riau Dikembalikan Sumut

PANGEAN ONLINE, PEKANBARU – Sekitar 8 ribu hektar lahan yang selama ini menjadi sengketa tapal batas dikembalikan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ke Riau.
Lahan yang  selama ini menjadi perebutan kedua wilayah ini berada di Kecamatan Pujud, Kabupaten Rohul, Riau yang selama ini  diklaim masuk Kecamatan Torgamba, Kecamatan, Kabupaten Labuhan Batu, Sumut.

Kepala Biro Tata Pemerintah Propinsin Riau Alimudin menjelaskan, bahwa proses pengembalian merupakan konsekuansi bersama. Dia juga sangat memberi respon positif terhadap Pemprov Sumut dengan mengembalikan tanah Riau.

“Untuk peresmian penyerahan lahan tersebut nanti akan ditandatangani oleh kedua gubernur,” kata Alimudin Sabtu (2/1/2009).

Dijelaskannya penyerahan lahan yang selama ini selalu menemukan jalan buntu itu tak lepas dari peran Deperdagri yang akhirnya berhasil menengahi kedua provinsi tetangga.
Masih menurut dia, suksesnya pengembalian ribuan Ha yang sebenarnya memang milik Riau ini juga berdasarkan kelengkapan data Pemprov Riau atas kepemilikan lahan itu.

Pengembalian tapa batas itu, kata dia, sebelumnya sudah dibahas dalam pertemuan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur se-Indonesia di Riau.
“Tapal batas ini nantinya akan diberi nomor 35 patokan,” imbuhnya.(okezone/020110)

By admin Posted in News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s