Ibu Miskin di Riau Dibantu Rp600 Ribu – Rp2,4 Juta

PANGEAN ONLINE, JAKARTA – Pemerintah kembali merevisi grand design kebijakan pengentasan kemiskinan. Untuk memperluas target penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), pemerintah menambah kuota penerima pada lima provinsi baru yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Bali, Kalimantan Tengah dan Riau.

“Para keluarga itu akan segera mendapatkan hak mereka mulai 2010 mendatang. Program ini diharapkan bisa memotong angka kemiskinan,” ujar Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri di Jakarta, Senin (28/12).

Salim menjelaskan bahwa PKH adalah program pemberian bantuan tunai bagi rumah tangga sangat miskin (RTSM). Keluarga itu berhak mendapatkan bantuan jika mereka memenuhi persyaratan terkait upaya peningkatan kualitas SDM, yaitu pendidikan dan kesehatan. Program lintas departemen itu sendiri telah dilaksanakan pada 2007 dan akan dilanjutkan hingga 2015. “Kami ingatkan bahwa penerima bantuan adalah ibu atau wanita dewasa yang mengurus anak pada rumah tangga bersangkutan,” ujar dia.

Dalam revisi terbaru dijelaskan, para penerima bantuan diwajibkan menandatangani persetujuan bahwa selama menerima bantuan, mereka akan menyekolahkan anak usia 7-15 tahun serta umur 16-18 tahun. “Jadi kami berharap pendidikan mereka tidak akan berhenti di sembilan tahun wajib belajar saja,” ujar dia.

Kewajiban lainnya adalah membawa anak usia 0-6 tahun ke fasilitas kesehatan sesuai prosedur kesehatan PKH. Untuk ibu hamil, harus memeriksakan kesehatan diri dan janinnya ke fasilitas kesehatan sesuai prosedur PKH.

Salim mengatakan, data terbaru di departemennya penerima bantuan telah mencapai 726 ribu orang di sebelas provinsi. Setiap ibu rumah tangga menerima bantuan minimal Rp600 ribu hingga Rp2,4 juta per bulan. Pemerintah telah menganggarkan Rp1,3 triliun untuk program ini hingga 2014.

ini patut menjadi perhatian kita bersama, bagaimanapun dana bantuan tersebut harus sampai kepada yang berhak menerimanya.

(zul/jpnn)@riaupos.com

By admin Posted in Umum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s