LKBN Antara Somasi Penulis Buku “Gurita Cikeas”

PANGEAN ONLINE, JAKARTA – Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara pada hari ini akan mengirimkan somasi kepada George Junus Aditjondro, penulis buku berjudul Membongkar Gurita Cikeas: Di Balik Skandal Bank Century.

Somasi dilayangkan lantaran LKBN Antara keberatan dengan pencatutan nama lembaga milik negara itu dalam buku George Junus.

Dalam bukunya, doktor lulusan Cornell University, Amerika Serikat itu menyebutkan LKBN Antara mengalihkan dana public service obligation (PSO) sebesar Rp 20,3 miliar kepada tim sukses SBY-Boediono, Bravo Media Center.

“Sekarang somasi masih kami rumuskan dan akan kami kirimkan hari ini juga,” ujar Direktur Utama LKBN Antara Ahmad Mukhlis Yusuf kepada okezone di Jakarta, Senin (28/12/2009).

Melalui kuasa hukumnya, Dedi Kurniadi SH, MH, LKBN Antara akan memberikan waktu 3 x 24 jam kepada George Junus untuk memberikan penjelasan mengenai materi tulisannya serta membuktikan dasar penulisan dalam bukunya.

“Kami minta penulis membuktikan dasar penulisan dalam buku itu,” tegasnya.

Sementara itu, Presiden menyatakan prihatin atas terbitnya buku yang isinya menuding sejumlah yayasan milik keluarga Cikeas sebagai pengumpul dana bagi kegiatan kampanye SBY pada Pilpres lalu.

Juru Bicara Presiden SBY Julian Aldrin Pasha mengatakan, dalam buku tersebut terdapat fakta yang tidak akurat. Namun pihak SBY belum menentukan langkah hukum terkait peredaran buku “Membongkar Gurita Cikeas: Di Balik Skandal Bank Century”.

George Junus Aditjondro selama ini dikenal sebagai penulis kontroversi yang mengungkap skandal korupsi di lingkaran kepresidenan. Pada tahun 2006, dia menulis buku “Reproduksi Oligarki Berkaki Tiga: Istana, Tangsi dan Partai Penguasa”, sehingga sempat dicekal oleh rezim Soeharto kala itu. (ful)(mbs)
ref>okezone.com

By admin Posted in News

2 comments on “LKBN Antara Somasi Penulis Buku “Gurita Cikeas”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s