Greenpeace Tetap Selamatkan Hutan

PANGEAN ONLINE– Greenpeace tetap berkomitmen akan melakukan penyelamatan hutan di Semenanjung Kampar walaupun pada 26 November mendatang akan meninggalkan Kamp Pembela Iklim (Climate Defender Camp). Greenpeace sudah berada di Semenanjung Kampar sejak sebulan yang lalu, dalam upayanya menjaga lahan gambut dari konsesi RAPP.


“Greenpeace tetap akan melakukan penyelamatan hutan di Semenanjung Kampar. Hingga lahan gambut di Semenanjung Kampar selamat. Upaya penyelamatan hutan tak akan berhenti dengan berhentinya kamp,” ujar Zulfahmi, jurukampanye hutan Gre-enpeace Asia Tenggara.

Menurutnya, penyelamatan lahan tak hanya pada hutan gambut. Tetapi secara global terkait dengan tumbuhan yang berkaitan erat dengan pelepasan emisi. Terlebih hutan gambut di Semenanjung Kampar yang menurut riset mencapai kedalaman 15 meter.

Gambut secara ekosistem sangat labil, di mana berkaitan erat dengan perlindungan hidrologi yakni kemampuan gambut untuk mengelola tata air. Jika dilakukan konversi dari hutan gambut ke HTI, yang biasanya dilakukan dengan pembukaan kanal tujuannya mengeringkan gambut, akan menyebabkan rentan terhadap kebakaran hutan dan pelepasan emisi karbon ke udara.

“Kalau gambut di Semenanjung Kampar dkonversi maka akan melepaskan emisi yang sangat besar. Di mana kandungan karbon di wilayah tersebut mencapai 2 miliar ton. Dan tentu saja memperparah kondisi yang terjadi saat ini,” jelasnya.

Tak hanya berdampak pada perubahan iklim, pengkorversian tersebut juga akan berdampak secara ekologis. Di mana Semenanjung Kampar merupakan salah satu habitat dari harimau Sumatera. Selain itu, dalam pengorversian tersebut melanggar Kepres. Dimana dalam Kepres 32/1990 disebutkan, gambut yang kedalamannya diatas tiga meter dimasukkan dalam hutan lindung.(ind.riaupos.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s