2.000 Pulau Terancam Tenggelam pada 2030

PANGEAN ONLINE, Bandung. Sekitar 2.000 pulau di Indonesia terancam punah akibat terendam air pada tahun 2030 mendatang. “Ini akibat perubahan iklim,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi usai menjadi pembicara dalam kuliah umum di Universitas Widyatama, Bandung, Jumat, 2 Oktober 2009.

Menurut Freddy, sekitar 10 persen dari pulau-pulau itu ada penghuninya dan ketinggiannya sudah mendekati air laut. “Ada yang lokasinya di Pulau Jawa seperti wilayah Jakarta Utara dan Demak Jawa Tengah,” katanya.

Namun Freddy mengaku belum bisa menyebutkan nama-nama pulau itu. Pasalnya, kata dia, pihaknya masih membentuk tim untuk melakukan verifikasi akurat yang diterjunkan langsung ke lapangan.

Departemen Kelautan dan Perikanan sendiri memproyeksikan kenaikan air muka laut itu bisa mencapai 40 sentimeter pada tahun 2010 dengan luas area yang hilang sebesar 7.408 meter persegi. “Kenaikan air muka laut ini tidak terlepas dari fenomena pemanasan global,” katanya.

Freddy menambahkan, kenaikan air muka laut ini sudah menenggelamkan Republik Kiribati dan Republik Tuvalu di Samudera Pasifik. “Karena itulah Presiden Kiribati berpidato di Sidang Umum PBB mengimbau negara-negara anggota PBB untuk membantu menerima masyarakatnya yang mengungsi akibat perubahan iklim,” kata Freddy.

sumber>http://www.tvone.co.id/berita/view/24563/2009/10/03/2000_pulau_terancam_tenggelam_pada_2030/

By admin Posted in News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s