Klaim Tari Pendet Yusron Minta Dubes Malaysia Pulang Kampung

Sumber: Detik.com

Sumber: Detik.com

Jakarta – Anggota Komisi I DPR Yusron Ihza Mahendra meminta pemerintah mengambil sikap tegas meminta Duta Besar Malaysia pulang kampung ke negaranya terkait klaim Malaysia atas tari Pendet yang berasal dari Bali. Malaysia dinilai telah mengkomersilkan budaya Indonesia untuk kepentingannya.

“Pemerintah Indonesia harus bertindak tegas kepada Pemerintah Malaysia. Memanggil pulang duta besar kita di Malaysia atau meminta Dubes Malaysia pulang ke negaranya. Tanpa cara ini seperti duri dalam daging,” ujar Yusron Ihza Mahendra, dalam konferensi pers di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (24/8/2009).

Yusron beranggapan jalur politik semacam ini lebih efektif ketimbang jalur hukum yang menurutnya berbelit-belit.

“Sanksi kepada Pemerintah Malaysia saya menyerahkan kepada Deplu dan Depbudpar, tapi langkah politik lebih efektif ketimbang langkah hukum. Sudah saatnya pemerintah mendengarkan aspirasi rakyat,” jelas Yusron.

Untuk itu, Komisi I DPR akan memanggil Menko Polkam untuk membahas masalah klaim Malaysia dari sudut pertahanan negara. Desakan DPR akan dipertegas dalam pertemuan akhir Agustus ini.

“Tanggal 31 Komisi I akan rapat dengan Menko Polkam, kita mendesak pemerintah bertindak tegas,” kata Yusron.

Menurut Yusron, Malaysia sudah memanfaatkan budaya Indonesia untuk memperkaya dirinya. Hal ini menurutnya tidak seharusnya dilakukan negara sahabat.

“Budaya kita digunakan komersial dalam pengembangan pariwisata Malaysia, hal yang tidak layak tidak terpuji,” keluh Yusron.

Sikap tegas pemerintah menurut Yusron adalah kartu As untuk membuat Malaysia jera. “Seperti masalah blok Ambalat mereka semena-mena karena pemerintah kurang tegas. Menurut saya kalau pemerintah tegas Malaysia akan berhati-hati sendirinya,” ungkap Yusron.

“Angklung, Kakatua, Pendet, kalau kita memble-memble diam terus ya sampai kapan mau diambil punya kita,” tegasnya bersemangat. (van/anw)

Elvan Dany Sutrisno – detikNews

By admin Posted in News

One comment on “Klaim Tari Pendet Yusron Minta Dubes Malaysia Pulang Kampung

  1. Memang sudah seharusnya ada langkah tegas dari pemerintah kita untuk menyelesaikan kasus-kasus seperti ini. jika tidak, jangan heran kalau di kemudian hari klaim serupa akan terus terjadi. hal ini dikarenakan kesalahan kita sendiri yang tidak pernah mampu untuk memperjuangkan dan menjaga apa yang menjadi hak milik kita.
    Iklan Gratis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s