Foto Kepala Terbelah Yang Diduga Teroris Temanggung Kemungkinan Palsu

Jakarta – Foto mayat seorang pria dengan kepala terbelah heboh di internet. Foto ini awalnya diklaim sebagai foto jenazah teroris yang tewas dalam perburuan Noordin M Top di Temanggung, Jawa Tengah. Namun belakangan diduga foto itu palsu.

Kisah kepala teroris yang tewas dalam perburuan Densus 88 di Temanggung itu terbelah, awalnya diungkap oleh pengamat intelijen Dinno Cressbon. “Terbelah di belakang kepala sampai depan jidat,” kata Dynno Chressbon, pengamat intelijen yang telah melihat foto jenazah, dalam perbincangan dengan detikcom, Sabtu (8/8/2009) pukul 18.15 WIB.

Secara fisik, ujar Dynno, jenazah memiliki dagu lebih lonjong jika dibandingkan sketsa wajah Noordin yang disebar polisi. Wajahnya tirus. “Penampilan secara fisik memakai kaos oblong warna coklat dan kalung,” ujar Dynno yang dekat dengan tim antiteror ini.

Dinno mengaku mendapatkan 30 foto pria yang diduga teroris yang tewas di Temanggung itu dari sumber kepolisian. Berdasarkan foto tersebut, Dinno yakin pria yang tewas dalam baku tembak Den 88 di Temanggung bukanlah Noordin M Top.

Tidak hanya Dinno yang meragukan Noordin M Top telah tewas. Direktur International Crisis Group (ICG) Sidney Jones juga meragukan Noordin M Top telah tewas. “Saya kira kemungkinan besar itu bukan dia (Noordin). Bukannya saya yakin itu bukan dia, tetapi kemungkinan besar bukan,” kata Sidney Jones saat dihubungi detikcom, Minggu (9/8/2009).

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Centre for Violence and Terrorism Singapura, Rohan Gunaratna. Ahli terorisme Singapura ini meyakinkan Noordin belum tewas.

Polisi sendiri hingga kini belum memberikan kepastian tentang tewasnya Noordin M Top. Kapolri Jenderal Hendarso Danuri (BHD) menyatakan identitas jenazah yang tewas di Temanggung itu masih menunggu hasil tes DNA.

Di tengah kesimpangsiuran itu kemudian foto pria dengan kepala terbelah muncul di internet. Sejumlah blog memposting foto jenazah pria dengan kepala terbelah itu dan mengklaimnya sebagai foto jenazah yang diduga teroris yang tewas di Temanggung.

Situs Arrahmah yang pernah menampilkan foto eksklusif jenazah trio bom Bali, Amrozi, Muklas dan Imam Samudera juga menayangkan foto tersebut. Situs yang membawa slogan ‘Filter Your Mid, Get The Truth’ itu menayangkan foto itu dengan memberi judul “Konon, Ini Dia Foto Korban Yang Di Klaim Nurdin M Top !”. Isi berita di bawah foto itu merupakan berita yang dikopi dari detikcom yang sebenarnya tidak disertai foto.

Selain arrahmah, banyak blog dan situs lainnya yang juga menampilkan foto yang sama dan mengklaimnya sebagai foto pria yang diduga teroris yang tewas di Temanggung.

Setelah foto itu marak beredar, belakangan muncul dugaan kalau foto tersebut palsu. Pembaca detikcom menyatakan foto dengan kepala terbelah itu adalah foto remaja yang bunuh diri yang terjun dari menara pada 21 Juli 2009 di Gorontalo. Foto tersebut juga pernah diposting di kaskus pada 22 Juli 2009 pukul 12:56 WIB dengan judul ‘Mahasiswa Terjun dr Menara’.

Kini sejumlah forum dan blog di internet ramai membahas foto tersebut. Ada yang menduga foto tersebut bukan foto asli alias direkayasa.

Hingga kini pihak kepolisian belum ada yang memberi klarifikasi. Bagaimana kebenarannya? Waktu akan membuktikannya. Mari kita tunggu. (iy/yid)

http://www.detik.com akses:10/8/09 12:36WIB

By admin Posted in News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s