VoIP Memungkinkan Orang Menelepon Tanpa Menggunakan Pulsa

PEKANBARU (RiauInfo) – Jika selama ini anda selalu merasa keberatan atas biaya pulsa telpon yang ditanggung setiap bulan, suatu saat ini hal itu tidak perlu lagi terjadi. Sebab saat ini sudah berkembang teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol) yang memungkinkan orang membangun jaringan telpon sendiri tanpa pulsa.

Penggunaan VoIP ini, Senin (28/4) dipaparkan dalam Workshop Pengembangan Teknologi Informasi Riau yang digelar Badan Pengolahan Data Elektronika (BPDE) Riau di Hotel Pangeran, Pekanbaru. Workshop ini dihadiri sekitar 50 tim jaringan di lingkungan Pemprov Riau dan kabupaten se-Riau.

Menariknya nara sumber Worskshop ini didatangkan langsung pakar IT dari Jakarta Onno W Purbo yang telah dikenal secara nasional. Dalam workshop itu, Onno langsung mengajak seluruh peserta mempraktekkan penggunakan VoIP untuk komunikasi melalui internet.

Menurut Onno, membangun jaringan komunikasi menggunakan internet protocol ini sangat mudah dan lebih murah. Sebab softwarenya tersedia banyak dan dapat dimiliki secara gratis. “Melalui VoIP ini kita tidak lagi harus menggunakan pulsa dalam berkkomunikasi lewat telepon,” ujarnya

Komunikasi melalui VoIP ini tidak hanya bisa dilakukan dari komputer ke telepon, atau telepon ke telepon, tapi juga bisa dari HP ke HP tanpa menggunakan pulsa. “Yang penting kita sudah ada sentral teleponnya yang bisa dibuat dengan mudah,” tambahnya.

Saat ini penggunaan VoIP ini sudah banyak diterapkan, terutama di kantor-kantor. Dengan teknologi ini hubungan komunikasi baik lokal maupun SLJJ jadi sangat murah, karena tidak harus bayar pulsa. “VoIP nantinya akan menjadi pilihan berkomunikasi di masa mendatang,” tambahnya.

By admin Posted in Umum

One comment on “VoIP Memungkinkan Orang Menelepon Tanpa Menggunakan Pulsa

  1. ya……..kita tunggu aja, soalnya dinegara-negara lain sudah banyak yg gratis! cuma di INdonesia aja yg belum. Jadi percuma ada software telp lewat pc soalnya di area indonesia tidak ada servernya………….
    semoga aja cepat dibangun tuh server..kalau sudah ada mungkin menggunakan yahoo widget (freewave) untuk kirim sms gratis bisa digunakan…hehehehe🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s