UED-SP Olang Pulai

Gambaran Umum

Program pemberdayaan desa atau yang disingkat dengan PPD adalah program yang bertujuan untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan berdasarkan pengembangan ekonomi masyarakat melaui pemberian Dana Usaha Desa (DUD), memperkuat kelembagaan masyarakat desa/ kelurahan dan peran aktif dinas sektoral untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana bagi masyarakat desa/ kelurahan, serta mendorong kelembagaan sistem pembagi partisipatif.Untuk mewujudkan tujuan dari PPD ini maka dibentuklah Lembaga Keuangan Mikro (LKM) di desa melalui musyawarah dalam mengelola dana usaha desa yang berasal dari kegiatan simpan pinjam masyarakat yang diberi nama UED-SP.
Salah satu desa yang mendapat PPD adalah Desa Pasar Baru. Desa Pasar Baru merupakan salah satu desa di Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi yang terluas yaitu 12 Km2 dengan jumlah penduduk 6.370 jiwa, dimana jumlah laki-laki sebanyak 3.242 jiwa dan perempuan 3.128 jiwa dengan jumlah KK 1.506. PPD didesa ini dimulai pada Bulan Juli 2006. Dimana dana usaha desanya berasal dari APBD Propinsi sebesar Rp. 500.000.000. Dana ini disalurkan kepada masyarakat melalui berbagai tahapan-tahapan atau proses. Tahap pertama yang dilakukan yaitu pada tanggal 19 Juli 2006 bertempat di Kantor Camat Pangean dilakukan sosialisasi ( musyawarah desa I ). Pada waktu musyawarah desa I ini dibentuklah UED-SP Desa Pasar Baru yang diberi nama “OLANG PULAI” dengan no SK : 04/KPTS/2006/140-08. Nama “Olang” berasal dari Bahasa Melayu yang berarti Elang dan Pulai merupakan salah satu nama tumbuhan.

Tujuan UED-SP Olang Pulai

Tujuan UED-SP Olang Pulai adalah :
“Mewujudkan UED-SP Olang Pulai untuk menjadi UED-SP mandiri sebagai cikal bakal BUM-DES (Badan Usaha Milik Desa)”
Permodalan

Modal UED-SP berasal dari pinjaman yang diberikan oleh pemegang otoritas Dana Usaha Desa (DUD) Desa Pasarbaru Kecamatan Pangean yang jumlahnya untuk tahap awal sebesar Rp. 500.000.000 (Lima Ratus Juta Rupiah) dengan bunga sebesar 0.25% per bulan. Dari modal yang didapat tersebut maka UED-SP Olang Pulai mengelola Dana Usaha Desa untuk dipinjamkan kepada pemamfaat yang sesuai dengan kategori, siklus pinjaman 18 bulan dengan bunga sebesar 12%/tahun.

Kegiatan/Produk

UED-SP Olang Pulai menjalankan kegiatannya bergerak dalam penguatan permodalan usaha ekonomi produktif dengan memberikan pinjaman modal yang berbunga lebih ringan dibandingkan dengan pihak atau bank konvensional lainnya, sehingga masyarakat yang mempunyai usaha ekonomi produktif dapat merasa lebih terbantu dalam hal permodalan untuk menjalankan usahanya tanpa terbebani oleh angsuran yang tinggi.
Adapun bidang ekonomi produktif yang menjadi sasaran dan bisa memamfaatkan pinjaman UED-SP Olang pulai adalah mereka yang bergerak dalam bidang perdagangan, pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, industri kecil dan jasa.(Jun)

By admin Posted in News

One comment on “UED-SP Olang Pulai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s